Skip to main content

Lancar dan Suksesnya Asian Games 2018 Memberikan Efek Positik Kepada Jokowi di Pilpres 2019

Lancar dan Suksesnya Asian Games 2018 Memberikan Efek Positik Kepada Jokowi di Pilpres 2019


Kesuksesan penyelenggara Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembnag telah memberikan efek positif terhadap Joko Widodo (Jokowi).

Perhelatan tersebut dipandang akan menambahkan kesuksesan bagi pasangan capres dan cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 mendatang.

Hal tersebut terungkap saat dilihat dari survei nasional Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA pada 14-22 September 2018 dengan metode sampling multistage random sampling kepada 1.200 responden, yang menggunakan sistem wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner dengan margin of error 2,9%.

Dari 1.200 responden, sebanyak 44,3% responden menganggap Jokowi sebagai figur paling berperan dibalik kesuksesan Asian Games 2018.

Bahkan, hasil survei tersebut menunjukkan bahwa skor Jokowi mengungguli Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018, Erick Thohir dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

“Ketika ditanyakan siapakah tokoh yang paling berperan dalam kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018, paling tinggi 44,3% menyatakan Joko Widodo, peringkat kedua Erick Thohir sebesar 20.0%, kemudian Tito Karnavian sebesar 9,1%,” ujar peneliti Ardian Sopa di Kantor LSI Denny JA, Rawamangun, Jakarta, Kamis(27/9/2018).

Ardian menilai data tersebut menunjukan tren positif bagi Jokowi. Hal itu menunjukkan arah dukungan publik kepada Joko Widodo untuk menjadi Presiden pada 2019.

“Yang menyatakan lebih mendukung sbesar 36,4 persen, yang menyatakan tak mendukung hanya 2,1%, sama saja sebesar 41,8% persen dan menjawab tak tahu sebesar 19,7 persen,” ucapnya.

Berdasarkan survei tersebut, Jokowi sangat dipandag karena berhasil dalam menyukseskan Asian Games. Hal tersebut dilihat dari capaian prestasi ditorehkan oleh Indonesia di perhelatan itu. Dalam ajang tersbut, Indonesia berhasil menempati posisi keempat dengan meraih 31 medali emas.
“Itu tertinggi dan menjadi sejarah Asian Games untuk negara Indonesia,” ujarnya.

Comments

Popular posts from this blog

Melemahnya Nilai Tukar Rupiah, 83,8% Khawatir Akan Perekonomian Indonesia Memburuk

Kuatkan Rasa Nasionalisme, Kementerian Agama Menggelar Perkemahan Pramuka Santri Nusantara

The Fed Mengangkat Suku Bunga, Dolar AS Semakin Melejit dan Perkasa