Setelah Pasca Deklarasi Ijtima Ulama II, Dukungan Kepada Prabowo-Sandi Memperoleh 26,1%

Setelah Pasca Deklarasi Ijtima Ulama II, Dukungan Kepada Prabowo-Sandi Memperoleh 26,1%

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei pergeseran dukungan ulama bagi dua pasangan capres dan cawapres di Pemilu 2019 mendatang. Terutama pasca deklarasi dukungan Ijtima Ulama II yang memihak kepada salah satu pasangan capres dan cawapres.

Menindaklanjuti hal tersebut, Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis survei nasional terkait dengan hasil Ijtima Ulama II yang dilaksanakan pada 16 September 2018 lalu. Dan hasilnya dengan adanya Ijtima Ulama II, dukungan dari Persaudaraan Alumni (PA) 212 pasangan Prabowo-Sandi yang disurvei LSI akan naik 13,9% dari survei sebelumnya.

“Pada bulan Agustus 2018 kemarin, dukungan segmen ini terhadap Prabowo-Sandiaga di angka 61,1%. Pada bulan September 2018 menjadi 75%,” ucap Peneliti LSI, Ardian Sopa di kantor LSI Denny JA, Jakarta Timur, Kamis (27/9/2018).

Meskipun hasil survei di kalangan PA 212 meningkat, hal tersebut tidak terjadi untuk kalangan dari para pemilih dengan latar belakang Nahdlatul Ulama (NU). Suara dukungan NU kepada pasangan Prabowo-Sandi memperoleh angkat 26,1% setelah Ijtima Ulama II memutuskan dukungannya.

“Suara dukungan itu menurun 0,9% dari bulan Agustus 2018 yang dimana Prabowo-Sandi mendapatkan dukungan sebanyak 26,1%,” jelasnya.

Hal berbeda terjadi pada pasangan calon Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin dimana perolehan suara dari PA 212 mengalami penurunan, sedangkan dari kalangan NU mengalami peningkatan setelah Ijtima Ulama II selesai diadakan.

“Hak sebaliknya terjadi pada Jokowi-Ma’ruf dimana pada bulan Agustus 2018 dukungan segmen NU sebanyak 54,7 persen, dan pada bulan september 2018 naik menjadi 55,5 persen,” tuturnya.

Survei nasional LSI Denny JA yang digelar pada tanggal 14-22 September 2018 ini adalah memakai metode sampling multistage random sampling kepada 1.200 responden, menggunakan sistem wawancara tatp muka responden menggunakan kuesioner dengan margin of error 2,9%.

Comments

Popular posts from this blog

Melemahnya Nilai Tukar Rupiah, 83,8% Khawatir Akan Perekonomian Indonesia Memburuk

Kuatkan Rasa Nasionalisme, Kementerian Agama Menggelar Perkemahan Pramuka Santri Nusantara

The Fed Mengangkat Suku Bunga, Dolar AS Semakin Melejit dan Perkasa