Debat Hebat Capres-Cawapres untuk Pilpres 2019 Mendatang Akan Digelar Lima Kali

Debat Hebat Capres-Cawapres untuk Pilpres 2019 Mendatang Akan Digelar Lima Kali

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan abhwa debat pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) Pemilu 2019 baru digelar mulai awal tahun 2019.

Ketua KPU yakni Arief Budiman menyatakan bahwa Debat publik merupakan salah satu bentuk kampanye yang diatur oleh UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Debatnya nanti akan diadakan lima kali dan kami akan membuat di awal 2019, mulai Januari, Februari, Maret, April atau selama empat bulan,” ucap Arief, Kamis (26/9/2018).

Menurutnya, pertimbangan debat capres dan cawapres akan digelar menjelang hari pemungutan suara yang jatuh pada tanggal 17 April 2019 agar masyarakat tetap ingat apa yang menjadi visi-misi serta program dari capres-cawapres yang akan disampaikan pada saat debat tersebut.

“Rencananya debat digelar mendekati dengan hari pemungutan suara, Karena jika debatnya sekarang, nanti pada hari pencoblosan masyarakat sudah lupa tentang apa yang sudah dijelaskan dalam visi dan misi yang disampaikan capres-cawapres (dalam debat kandidat) dulu ,” ungkapnya.

Begitu pun dengan Komisioner KPU Pramono Ubaid Tantowi menyatakan pihaknya akan melibatkan seluruh pihak dalam menyusun format tersebut. “Jadi tetap kita akan diskusikan, itu masih agak panjang. Kita enggak usah buru-buru soal itu,” jelasnya.

Menurutnya sudah banyak variabel format yang harus disepakati mulai dari durasi, jumlah segmen, moderator, narasumebr, dan panelis dalam debat tersebut. “Format tidak bisa ditentukan oleh satu pihaj saja. Harus berdasarkan kesepakatan dua belah pihak,” ucapnya.

Comments

Popular posts from this blog

Melemahnya Nilai Tukar Rupiah, 83,8% Khawatir Akan Perekonomian Indonesia Memburuk

Kuatkan Rasa Nasionalisme, Kementerian Agama Menggelar Perkemahan Pramuka Santri Nusantara

The Fed Mengangkat Suku Bunga, Dolar AS Semakin Melejit dan Perkasa